Cara Menambah atau Mengganti RAM pada Laptop

13 Maret 2013

Salam Sobat Pustaka IPTEKKES. Kali ini saya ingin bercerita sedikit pengalaman saya tentang Cara Menambah atau MenggantiRAM pada Laptop. Karena beberapa hari yang lalu saya baru saja mengganti atau lebih tepatnya menambah kapasitas RAM laptop saya. Ya hanya sekedar ingin mendapatkan layanan dan fasilitas yang lebih cepat dari laptop saya.

OK langsung saja tanpa basa-basi lagi, cekidot…
RAM (Random Access Memory) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang (Wikipedia). Meningkatkan jumlah RAM membuat daya komputasi komputer lebih kuat. Komputer dapat menjalankan program yang kompleks dan bekerja dengan berkas berukuran besar.
Sebelum ingin mengganti atau menambahkan jumlah RAM dengan memory yang sudah ada. Ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan, diantaranya sebagai berikut :
1. Tentang maksimal memori yang bisa digunakan atau dibaca. Artinya berapa maksimal PC/laptop kamu bisa membaca Memory RAM. Jika maksimal terbaca hanya 8 GB, maka kalau anda pasang RAM 16 GB pun yang terbaca / terpakai ya hanya 8 GB.
2. Tipe memori yang mendukung processor. Maksud dari poin kedua adalah kecepatan maksimal dari RAM yang ditentukan adalah DDR1, DDR2, atau DDR3. Nah terus bagaimana kita tahu kecepatan RAM berapa? Itu yang harus kita tahu dulu. Dalam pasaran RAM yang sudah di edarkan, kita akan menjumpai beragam tipe RAM DDR3 yaitu PC8500, PC10600, PC12800, PC15000. Berikut daftar spesifikasi RAM :
 
Mudahnya, beli RAM baru beda merk tidak apa-apa tapi dengan tipe yang sama. otomatis RAM yang baru juga mempunyai kecepatan yang sama…
3. Serta dukungan channel pada processor kita. Untuk masalah ini, komputer kamu bisa membaca RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel. Kalau cuma satu, hanya bisa di ganti yang lebih besar.
Catatan :
Sering kali ada pertanyaan “apakah bisa kita menambahkan RAM dengan kapasitas yang berbeda pada kedua slot, misal slot 1 dipasang 1 Gb dan slot 2 dipasang 2 Gb.?” Jawabanya adalah sangat bisa, asalkan RAM yang baru / yang ditambahkan memiliki tipe, seri dan Bandwidth yang sama dengan RAM yang lama. Seperti yang disebutkan sebelumnya. Kenapa? Karena laptop saya juga beda ukuran RAM-nya. Ini buktinya :
 
Nah, jika syarat-syarat diatas sudah kamu pahami dan dapat kamu penuhi, maka langkah selanjutnya adalah memulai mengganti atau menambah RAM. Tentunya sesuai dengan batas maksimum besar memory yang bisa tertanam. Percuma kan pasang yang besar-besar tapi memory yang terpakai (Memory Usage) hanya sebagian saja.
Langsung saja, berikut langkah-langkahnya :
1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir ke laptop termasuk lepas baterai laptop…
2. Buka penutup RAM pada bagian bawah laptop tepatnya disamping tempat baterai. (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda).

3. Jika sudah terbuka, maka akan terlihat ada 1 keping RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot.

4. Selanjutnya tinggal pasang RAM yang ingin ditambahkan atau diganti…

5. Setelah terpasang, silakan tutup kembali RAM seperti semula. Dan tinggal nyalakan laptop seperti biasa, karena penambahan atau penggantian RAM tidak perlu instalasi apapun. Lihat hasilnya…

6. RAM yang semula hanya 1 GB telah bertambah menjadi 3 GB..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s